Senin, 30 Desember 2013

Manfaat Mempelajari TI


Dulu, istilah TI atau teknologi informatika masih terdengar asing ditelinga kita. TI identik dengan barang-barang elektronik atau gadget yang harganya mahal dan kadang-kadang tidak dapat terjangkau oleh semua kalangan, hanya kalangan yang elit dan berpendidikan saja yang dapat mengoperasikan TI. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, TI tidak lagi menjadi sesuatu yang mahal, bahkan tabu. TI sudah dapat dijamah oleh banyak kalngan, dari mulai ekonomi atas, menengah, bahkan ekonomi bawahpun sudah taka sing lagi dengan istilah TI. TI tidak selalu identic dengan computer, namun TI untuk zaman sekarang bisa digunkan dengan media hand phone, I pad, dan gadget lainnya. Bahkan di setiap sekolahpun, para pelajr sudah taka sing lagi dalam mengoperasikan berbagai gadget yang dapat membantu pembalajaran dengan menggunakan TI. Begitu pula bagi saya, TI merupakan suatu media yang dapat membuat hidup saya lebih inovatif, efektif dan efisien. Dengan TI waktu dan ruang tak jadi masalah lagi, bahkan dalam segi biaya pun semakin irit. Dengan TI, mengirim surat tak perlu menggunakan perangko lagi, cukup dengan e-mail. Kemudian, melakukan pembelajarn yang mengharuskan menampakan media yang tak mungkin jika tidak dilihat langsung dan memerlukan banyak waktu dan uang sudah tak jadi hambatan lagi, cukup dengan menggunakan TI, maka media dapat dibawa ke kelas dan menampakannya lewat layar melalui proyektor.
Sejak saya belajar mata kuliah TI, banya sekali hal-hal positif yang bisa saya dapatkan. Antara lain:
1.  Dalam profesi saya sebagai pendidik, dengan TI maka memepermudah dalam pembelajaran, para peserta didik lebih faham, dan tertarik dengan pelajaran yang saya ampu. Mereka tidak lagi jenuh berada di kelas dengan hanya melihat atau berdiskusi dengan saya, namun mereka lebih kreatif dan daya ingat serta daya kritis merekapun semakin berkembang. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa dengan penglihatan dan melakukan maka memori jangka panjang akan semakin kuat untuk menyimpan informasi dibanding hanya mendengarkan saja.  Selain itu, dalam pembuatan mediapun, saya merasa lebih inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran, karena pada TI kita belajar materi dasar dan berbagai software aplikatif, sehingga dapat menciptakan media pembelajaran yang bagus dan menarik.
2.  Dalam keseharian saya, TI membantu sekali dalam proses kehidupan saya sehari-hari. Dengan TI jarak dan waktu tak jadi lagi alasan bagi saya untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar. Dengan TI, pergaulan dan wawasan sayapun semakin bertambah. Dan saya merasa banyak orang yang ingin menggunakan TI pun jadi lebih mudah tertolong, karena saya dapat membuat tutorial yang dapat mereka pelajari di rumah.
3.  Dalam pemikiran saya, setelah mempelajari TI, otak dan daya kreatifitas saya dalam berinovasi semakin terdorong untuk dikembangkan, karena dengan mengetahui TI dan berbagai aplikasi di dalamnya, menjadikan saya lebih sering lagi berinteraksi denga software-soft ware tersebut dan pada akhirnya dapat merangsang kreatifitas dan imagenasi dalam berpikir, bahkan dalam berpikir sehari-haripun lebih inovatif.
Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat TI yang lain dalam kehidupan saya yang belum saya rasakan seutuhnya jadi belum bisa saya ungkapkan. Tapi yang jelas, dengan adanya pembelajaran TI ini menjadikan saya pribadi yang lebih baik dan lebih kreatif lagi, sehingga dapat memacu diri untuk dapat berbuat banyak untuk dunia pendidikan khususnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar